Kamis, 12 September 2013

Satu Dari Empat Anak Di Dunia Rentan Terhadap Bahaya Internet

Metrotvnews.com: Menurut hasil survei terbaru perusahaan antivirus Kaspersky Lab (Kaspersky) dengan bantuan B2B International, sekitar 2.800 orang tua di seluruh dunia mengakui internet sangat berbahaya bagi anak-anak. Satu dari empat anak bahkan berpotensi terkena dampak buruk dari internet.

Kaspersky juga mencatat 11% anak-anak dari responden pernah mengonsumsi konten yang tidak pantas dan 7% di antaranya mengaku sudah melakukan korespondensi dengan orang tak dikenal.

Lebih jauh lagi, ada 18% orangtua yang mendapati kerugian finansial atau kehilangan data-data pribadinya akibat ulah anak-anak mereka itu selama menjelajah dunia maya.

"Anak-anak sering menghapus informasi penting milik orangtuanya atau mengonsumsi data berbayar tanpa meminta izin orangtuanya terlebih dahulu," ujar Kaspersky.

Sementara dari sisi orangtua, hanya 40% yang berusaha untuk mengawasi anak-anaknya ketika sedang menggunakan internet. Bahkan hanya 38% di antara mereka yang membatasi waktu anak-anaknya saat sedang beraktivitas di dunia maya.

"22% orangtua tidak melakukan apapun untuk melindungi keamanan anak-anaknya. Hanya 25% yang menggunakan peranti lunak parental control, 19% berusaha memantau dengan cara menjadi teman di jejaring sosial, dan 12% yang meminta penyedia jasa internet untuk memblokir situs yang berbahaya," papar Kaspersky.

Sebanyak 8.065 responden berusia lebih dari 16 tahun dari 19 negara di kawasan Asia Pasifik, Amerika, Eropa, dan Timur Tengah mengikuti survei keamanan internet Kaspersky pada pertengahan tahun ini. ebanyak 1/3 dari total responden memiliki minimal satu anak dan mayoritas disebutkan menggunakan internet di berbagai perangkat komputasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar